Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Minggu, 08 Januari 2023

Hari Raya Penampakan Tuhan

Yes 60:1-6
Mzm 72:1-2,7-8,10-13
Ef 3:2-3a,5-6
Mat 2:1-12

Sembah Dia

“….dan kami datang untuk menyembah Dia” -Mat 2:2

Hari ini Gereja merayakan Epifani. Epifani berasal dari kata Yunani, Epiphaino yang berarti menampakan diri. Dalam iman kita, Tuhan tidak hanya menciptakan namun turut menyertai dan menyelamatkan ciptaan-Nya. Suatu hari, sepulang kerja, suara hati mengarahkan saya untuk ke stasiun Tanah Abang dan duduk saja di sana. Beberapa menit kemudian, datanglah seorang ibu yang bajunya basah kuyub dan kedinginan serta bercerita jika uangnya hanya cukup untuk ongkos pulang. Beliau belum makan karena di rumah ada anaknya yang terkena korban PHK dan cucu yang tinggal bersamanya. Segera saya mengajak ibu itu ke warung nasi dekat stasiun dan setelah itu ke mini market untuk membeli sembako hingga bisa untuk bekal hidup sehari-hari bagi keluarganya di rumah.

Akhirnya kami naik kereta bersama dan ibu itu tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih. Saya pun bersyukur atas kejadian ini dan diberi kesempatan untuk berbagi kasih dengan sesama. Seperti bacaan hari ini, para raja, hakim, dan nabi utusan-Nya serta tiga majus dari Timur datang untuk menyongsong Dia!

Melalui kesaksian ini, Tuhan bisa menampakkan dirinya lewat siapa saja yang ada di sekitar kita. Bagian kita adalah bersegera untuk datang menghampiri-Nya. Just do it! (Ar).

Sudahkah saya merasakan bahwa Tuhan itu bisa menampakkan diri-Nya lewat siapa saja?

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *