Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Rabu, 01 Maret 2023

Yun 3:1-10
Mzm 51:3-4,12-13,18-19
Luk 11:29-32

Tanda Dari Tanda

“demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.” – Luk 11:30.

Hari ini kembali Injil mengingatkan kita tentang tanda. Pengertian tanda adalah sebuah peristiwa kecil atau benda kecil yang diasumsikan sebagai bukti dari sebuah kenyataan yang lebih besar. Seperti adanya gempa dapat menjadi tanda akan adanya tsunami.

Namun berbeda dengan iman kita. Iman kita mengajarkan dimana tidak diperlukan lagi tanda akan adanya Allah. Karena Allah sendiri sudah hadir dalam bentuk manusia yaitu Yesus. Tidak diperlukan lagi tanda bahwa Allah mengasihi kita, sebab Yesus sudah berkorban dan mati di salib karena Ia mengasihi kita. Tidak diperlukan lagi tanda bahwa Allah memelihara hidup kita, karena Ia sendiri yang berkata: Jangan kamu kuatir, burung di udara saja Ia pelihara. Apalagi kita anak-Nya sendiri.

Makanya Yesaya pernah berkata inilah tanda itu: “Sesungguhnya seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan ia akan menamakan Dia Imanuel.”-(Yes.7:14). Bahkan Lukas berkata, “demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.”-(Luk.11:30). Allah sudah menjadikan dirinya sendiri tanda. Jadi tidak diperlukan tanda lain untuk membuktikan keberadaan-Nya, kasih-Nya, pemeliharaan-Nya, penyertaan-Nya dan perbuatan-Nya di dalam hidup kita. Percayalah pada-Nya dengan segenap hatimu. (Al).

Masihkah kita ragu akan Allah? Masih perlukah kita tanda lain?

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *