Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Kamis, 20 April 2023

Kis 5:27-33
Mzm 34:2,9,17-20
Yoh 3:31-36

How Great is Our God

Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya. – Yoh 3:31

Di salah satu pelajaran dalam sekolah minggu di gereja kami, anak-anak mengutarakan beberapa pertanyaan, salah satunya adalah “Apakah Tuhan sungguh ada?” 

Beberapa teori ilmiah yang kita dapatkan saat ini menunjukkan bahwa seakan-akan Tuhan tidak ada dan segala sesuatunya tercipta dengan sendirinya. Beberapa anak lain menjawab bahwa tidaklah mungkin alam semesta ini bisa tercipta dengan sendirinya dan dengan sempurnanya. Misalnya bagaimana bisa terjadi jika bukan karena Tuhan, peletakan matahari dan bumi yang begitu sempurna. Matahari yang ditempatkan begitu tepatnya sehingga radiasi panasnya memberi kita kehidupan dan bukan kebinasaan. Dan contoh lain seperti kita ditempatkan untuk tinggal di bumi dan bukan diplanet lain, bumi dengan kadar oksigen yang sempurna supaya kita hidup. 

Seperti ayat kutipan hari ini mengatakan: siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya (Yoh 3:31a). Tuhan menciptakan manusia menurut gambar-Nya tetapi manusia bukanlah Tuhan. Banyak sekali pertanyaan yang masih sampai saat ini belum bisa dijawab sepenuhnya oleh manusia. Semua itu karena Tuhan kita yang besar yang melebihi segala akal budi manusia dan yang kebesaran-Nya tidak akan pernah bisa 100% dipahami oleh manusia. (NC).

Renungkanlah kebesaran karya Tuhan di dalam hidupmu.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *