Renungan Katolik “Bahasa Kasih”

Rabu, 10 Mei 2023

Kis 15:1-6

Mzm 122:1-5

Yoh 15:1-8

Mintalah!

“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.” – Yoh 15:7

Manusia itu memang terkadang sulit dipahami alias ‘aneh’, hal yang dilarang bisa jadi dilanggar, sebaliknya jika diminta melakukan malah tidak dilakukan karena sungkan. Namun, ayat ini memiliki makna yang sangat dalam, ‘mintalah’ dalam Injil Yohanes, menunjukkan relasi yang sungguh ‘dekat’ antara Sang Pokok Anggur dan rantingnya. Si ranting yang selalu mendengar firman-Nya, mengikuti-Nya dan selalu berpokok pada-Nya pastilah mengenal juga apa yang menjadi kehendak-Nya, hingga apa yang diminta si ranting sungguh berkenan. Hal yang penting adalah kemauan untuk membangun relasi dan keakraban dengan Yesus, Sang Pokok Anggur sejati.

Marilah berdoa: “Bapa, ampuni aku yang kadang lebih memilih menjauh dari-Mu, lebih mempercayai diriku sendiri, dan tanpa sengaja masih menganggap diri-Mu seperti orang asing. Kiranya sabda-Mu hari ini mengingatkanku untuk senantiasa menjaga relasi dengan-Mu dan mengikutsertakan-Mu dalam kehidupanku. Aku mempersatukan setiap permintaanku dengan apa yang menjadi kehendak-Mu. Hamba yakin dan percaya bahwa setiap kerinduan hati ini juga merupakan rencana indah yang telah Kau siapkan bagiku, Amin”. (Cr).

Yesus, bantulah aku untuk dapat meleburkan permohonanku sesuai dengan kehendak-Mu.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *