Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Jumat, 23 Juni 2023

2 Kor 11:18,21b-30
Mzm 34:2-7
Mat 6:19-23

Harta Sorgawi

Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. – Mat 6:20

Manusia lebih suka menyibukkan diri dengan hal-hal duniawi. Tentu saja itu disebabkan karena kita hidup di dunia, jadi pasti tak bisa lepas dari hal-hal duniawi. Namun keduniawian sering “mengaburkan” pandangan kita dari hal yang terpenting, yakni harta sorgawi. Kita lebih memilih untuk menyibukkan diri dengan pekerjaan daripada menyempatkan diri untuk berdoa. Lebih memilih tidur daripada berdoa rosario. Lebih memilih pergi jalan-jalan daripada menghadiri pendalaman iman. Lebih memilih membaca novel daripada membaca kitab suci. Lebih memilih menonton drakor daripada mengikuti zoom pengajaran romo. Dalih-dalih itulah yang membuat kita semakin mengabaikan Tuhan dan pada akhirnya melupakan-Nya. Alhasil, kita pun semakin jauh dari kasih-Nya dan kita semakin tersesat dalam keduniawian. 

Selayaknya kita sangat bersyukur bahwa Tuhan tak pernah lelah merengkuh kita. Ia memakai banyak cara untuk mengingatkan kita agar boleh merasakan kembali kasih-Nya yang selalu membuat kita aman dan nyaman. Ayo, mari kita segera bangun dari kungkungan keduniawian yang membelenggu kita, segeralah mengumpulkan harta sorgawi yang membuat segala kebutuhan kita terpenuhi dan membuat hidup kita pun menjadi lebih bermakna. (Cr).

Mari kita tanggalkan keduniawian dan berlomba-lomba mengumpukan harta sorgawi.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *