Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Senin, 09 Oktober 2023

Yun 1:1-17; 2:10
MT Yun 2:2-4,7
Luk 10:25-37

Tantangan Iman

Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!” – Luk 10:37

Setiap orang dalam hidup pasti akan mengalami tantangan iman. 

Tak peduli rohaniwan ataupun awam, kalangan ekonomi atas ataupun bawah, jabatan tinggi atau rendah, tua atau muda. Bagaimana bentuk, kapan, dan lama waktunya bisa berbeda-beda, apalagi cara menyikapinya. 

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus mencontohkan 3 tipe orang yang diwakili oleh seorang imam, seorang Lewi, dan seorang Samaria dalam menyikapi tantangan iman yang sama. Kita bisa melihat bahwa tingginya pangkat seseorang tak menunjukkan bahwa ia memiliki tingkat kedewasaan dan kebijakan yang lebih di dalam menyikapi tantangan iman. Tak perlu berkecil hati atau putus asa ketika dihadapkan pada tantangan iman karena semua orang pasti mengalaminya. Dalam menyikapinya, kita juga tak perlu melihat kanan-kiri; mohonlah terang Roh Kudus-Nya serta kepekaan agar dapat menyikapinya dengan bijak sehingga dapat mengerti pesan yang ingin Ia sampaikan kepada kita. 

Percayalah bahwa tantangan iman tersebut diberikan tidak akan melebihi kekuatan kita dan pastinya akan membuat iman kita bertumbuh dan pribadi kita lebih dewasa. Tuhan, terima kasih atas tantangan iman yang Engkau berikan dalam hidupku. Sertailah aku selalu agar dapat melewatinya dengan baik dan bijak, serta dapat memperkaya iman dan pribadiku akan Engkau. Amin. (Cr).

Sudahkah aku menyikapi tantangan imanku dengan bijak?

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *