Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Rabu, 06 April 2016

Kis 5:17-26
Mzm 34:2-9
Yoh 3:16-21

BUATLAH PILIHAN

..terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang.. – Yoh 3:19

Jika kita perhatikan perkembangan yang terjadi melalui pemberitaan media, banyak kejadian yang sangat memprihatinkan seperti pembunuhan terhadap keluarga sendiri, pornografi, korupsi. Mengapa manusia sampai memilih hidup seperti itu? Jawabannya adalah karena hatinya tidak melekat kepada Penciptanya, sehingga manusia sangat mudah jatuh di dalam pilihan hidup yang tidak benar.

Ada banyak hal yang menyebabkan manusia cenderung memiliki karakter yang keluar dari gambaran Allah. Bisa jadi itu pengalaman buruk di masa kecil atau bahkan luka saat di dalam kandungan, pengaruh lingkungan, atau kurangnya pembekalan tentang pengenalan akan Tuhan dari keluarga sejak kecil. Akibatnya ketika menghadapi tantangan dunia yang keras, menjadi tidak siap.

Penebusan yang Yesus berikan bagi kita terjadi sekali dan berlaku hingga selama-lamanya. Tuhan tahu manusia akan terus cenderung jatuh di dalam dosa karena kedagingannya. Belas kasih Allah tidak pernah berhenti, namun apakah kita menyadari hal itu? Apakah kita menanggapi belas kasih Allah yang selalu Ia sediakan? Apakah kita akan menanggapi-Nya dengan sungguh-sungguh?

Kitalah yang harus membuat pilihan, dan pilihannya sudah sangat jelas bahwa kita harus memilih terang. (In)

Tuhan, mampukan kami untuk dapat melihat rahmat-Mu agar kami dapat memilih jalan terang-Mu.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *