Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Selasa, 1 Oktober 2024

Pesta St. Teresia dr Kanak-kanak Yesus

Yes 66:10-14c / 1Kor 12:31 – 13:13
Mzm 131:1-3
Mat 18:1-5

Keep It Simple

lalu berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. – Mat 18:3

Mengapa Yesus menggunakan perumpaan anak kecil untuk dapat masuk ke dalam Kerajaan Sorga? Karena hatinya jujur, tulus, tidak ada kepura-puraan dalam tingkah lakunya, hidupnya hanya ada tawa dan sukacita. 

Beberapa tahun belakangan ini saya memulai memperbaiki gaya hidup; mulai dari hal-hal yang sangat mendasar, seperti menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan sehat, tidur malam cukup, disiplin dalam kehidupan doa pribadi dan yang menjadi konsen saya adalah menjaga hati untuk ikhlas (berserah) dalam menghadapi segala pergumulan dan tantangan hidup. Semua yang saya upayakan berdampak signifikan; saya merasakan kehidupan yang lebih sehat, baik jasmani maupun rohani; cara saya bersikap dan bertingkah laku pun berubah, saya lebih sabar, emosi makin terkontrol, dan lebih berani lagi untuk hidup dalam kejujuran, berani mengakui kesalahan. Semua itu membuat hati saya damai dan tenang, kehadiran-Nya juga semakin nyata saya rasakan dalam keseharian.

Hidup akan terasa indah dan menyenangkan jika dijalani dengan apa adanya, tidak membuat sesuatu yang sederhana menjadi rumit, dan sebaliknya tidak meremehkan sesuatu yang dianggap hanya sederhana, seperti yang diteladankan St. Teresia dari Kanak-kanak Yesus yang hari ini diperingati, ia menjadikan perkara kecil sebagai suatu persembahan yang besar di hadapan-Nya. Rahmat Allah selalu tersedia bagi kita, mari masuk ke dalamnya dengan membawa hidup yang semakin berkenan di hati-Nya. (In).

Terima kasih Tuhan, atas kasih karunia-Mu yang begitu besar dalam hidupku.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *