Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Kamis, 01 September 2016

1Kor 3:18-23
Mzm 24:1-6
Luk 5:1-11

MELANGKAH LEBIH DALAM

Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan. – Luk 5:4

Sampai kedalaman manakah relasi saya saat ini dengan Tuhan? Pertanyaan tersebut sudah lama bergejolak dalam benak saya, hingga muncul suatu keinginan yang besar bahwa bagaimanapun caranya dan seberapapun beratnya: Saya harus bertolak ke tempat yang lebih dalam seperti yang Ia inginkan. Keinginan ini didorong oleh semangat untuk sungguh-sungguh mengenal-Nya.

Kerinduan ini Tuhan jawab lewat pergumulan yang membawa saya masuk ke dalam keterpurukan secara rohani. Saya merasa seolah dibawa ke tempat gelap yang tidak saya inginkan. Namun di sisi lain, saya menyadari bahwa inilah proses atau jalan yang Tuhan berikan agar saya bisa masuk lebih dalam untuk mengenal pribadi-Nya.

Dalam proses ini, kehidupan rohani saya tidak terlalu mengalami masalah. Tapi ketika saya harus berhadapan dengan banyak hal yang menyangkut sekeliling saya, wooww…terasa sungguh berat. Saya harus melawan ego dan gengsi agar dapat terus membangun sikap yang mencerminkan gambaran-Nya, yaitu mengasihi dan berdamai dengan situasi yang terus cenderung membawa saya masuk ke dalam suasana kelam dan perasaan kecewa. Pada saat seperti itu saya seolah melihat rahmat-Nya yang sangat kecil, namun saya percaya jika saya terus setia, maka saya akan masuk ke dalam kepenuhan rahmat-Nya.

Hari ini, marilah kita mengambil komitmen untuk melatih diri melangkah lebih dalam lagi. Teruslah menapak hingga kita bisa menemukan berkat surgawi yang telah Ia sediakan bagi kita. Dan, libatkan Tuhan dalam setiap sisi kehidupan. (In)

Yesus, hadirlah dalam hidupku dan bawaku untuk mengenal-Mu lebih dalam lagi.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *