Renungan Katolik “Bahasa Kasih”
Kamis, 01 September 2022

1 Kor 3:18-23
Mzm 24:1-6
Luk 5:1-11

Buah Dari Ketaatan

Simon menjawab,”Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga.” – Luk.5:5

Usia saya sudah lebih dari setengah abad. Selama 7 tahun terakhir, saya bekerja di bidang perhotelan. Kemarin atasan saya memanggil dan meminta saya untuk rotasi ke bidang lain. Saya diminta untuk bekerja di pabrik. Jam kerja saya lebih panjang jika bekerja di pabrik. Jika di hotel, saya hanya mereview laporan keuangan, sedangkan di pabrik saya juga harus menginput transaksi ke sistem yang sama sekali baru buat saya. 

Ini nampaknya hal yang mustahil untuk dijalani. Otak saya rasanya sudah penuh dan saya ragu apakah masih mampu belajar hal-hal yang baru di usia yang memasuki masa pra lansia. Selain itu, saya juga tidak yakin bisa beradaptasi dengan lingkungan yang sama sekali asing untuk saya. Injil hari ini memberi kekuatan kepada saya. Ketika Yesus menyuruh Petrus untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam untuk menangkap ikan di siang hari, Petrus ragu-ragu. Ikan biasanya mencari makan pada saat matahari terbenam. Ikan akan menyelam lebih dalam saat siang hari karena cuaca panas. Namun ketika Petrus menuruti permintaan Yesus maka hasilnya ikan berlimpah-limpah diperolehnya di siang bolong. Hal yang tampaknya mustahil menjadi tak mustahil lagi. 

Ketika kita dihadapkan pada situasi sulit dan tak ada jalan lain kecuali taat, maka Tuhan akan memberikan rahmat dan berkat yang berlimpah-limpah kepada kita. (Yo).

Apakah saya mau tetap taat kepada perintah Tuhan saat masa-masa sulit datang?

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *